Langsung ke konten utama

PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA



Bahasa Indonesia adalah bahasa yan tepenting bagi kita untuk berkomunikasi di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peran penting tersebut muncul pada saat ikrar sumpah pemuda, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928. Bunyi dari ikrar tersebut adalah “Kami putra-putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Peran penting lain bahasa Indonesia adalah untuk mepersatukan bangsa Indonesia.
            Perkembangan Bahasa Indonesia di zaman dewasa ini semakin memperhatikan. Bahasa Indonesia sering dicampur adukkan dengan bahasa asing, sehingga terbentuk suatu bahasa baru. Biasanya bahasa ini di kalangan anak muda sering disebut bahasa “gaul”. Awalnya bahasa gaul mulai dikenal pada tahun 1970. Pada saat itu bahasa yang sekarang dikenal dengan bahasa “gaul” tersebut biasa digunakan oleh para preman. Bahasa tersebut dibuat agar dapat dimengerti oleh kelompok mereka sendiri dan tidak dapat dimengerti oleh kelompok lain. Bahasa ini sekarang digunakan oleh parah remaja dan anak muda. Kita tahu bahwa pada masa remaja mereka sedang berkembang dan merupakan masa paling menarik. Dan pada saat mereka berbahasa, mereka menggunakan bahasa “gaul” ini untuk mengekslusifkan kelompok mereka. Sepertinya contoh “SOKAP” yang berarti siapa atau “BONYOK” yang memiliki kepanjangan yaitu “bokap nyokap” atau orang tua.
            


Di zaman dewasa ini ada juga bahasa yang sedang berkembang yaitu bahasa SMS atau Short Message Service. Contohnya adalah BTW(By The Way), ANW (Anyway), OTW(On The Way), dan ia(iya). Lalu ada juga bahasa yang beberapa tahun belakangan ini berkembang. Bahasa tersebut adalah bahasa ALAY (Anak Layangan) yang berarti anak kampung. Contohnya adalah mu’uph(maaf), cemungudh(semangat), ea(iya). Lucunya walaupun mereka menyebut bahwa itu kampungan, namun dari kalangan remaja, dewasa, bahkan tua sekalipun menggunakan bahasa tersebut.
            Bahasa-bahasa tersebut memang adalah perkembangan dari bahasa Indonesia di zaman sekarang ini. Ini pun sesuai dengan pendapat Abdul dan Leonie (2004:11) ” Terjadinya perubahan bahasa tidak dapat diamati,sebab perubahan itu sudah menjadi sifat hakiki bahasa, berlangsung dalam masa yang relatif lama.”. Perubahan peran bahasa Indonesia sejak dahulu diikrarkan dalam sumpah pemuda dan pada zaman sekarang sangat terlihat berbeda. Dahulu bahasa Indonesia digunakan sebagai jati diri bangsa, namun sekarang bahasa Indonesia hanya digunakan sebagai penyambung lidah untuk berbahasa. Seperti apa yang dikatakan oleh Abdul dan Leonie (2004:11)bahwa “bahasa sering dianggap sebagai produk sosial atau budaya, bahkan merupakan bagian tak terpisahkan dari kebudayaan itu. Sebagai produk sosial / budaya, tentu bahasa merupakan wadah aspirasi sosial, kegiatan masyarakat”. Sehingga bahasa sering dianggap sebagai cerminan zamannya. Itu berarti bahasa itu dalam suatu masa tertentu mewadahi apa yang terjadi dalam masyarakat. Maka dari itu, bangsa Indonesia harus mulai sadar bahwa memang tidak bisa menghindar dari perkembangan zaman namun bangsa Indonesia harus kembali mempertahakan jadi dirinya dan identitasnya melalui bahasa Indonesia yang baik dan benar.




Komentar